Apa kita tidak boleh mencari Pahala Sebanyak-banyaknya.

Assalamualaikum wr,wb Habib

Semoga Habib dan keluarga di beri kesehatan, dan Semoga Habib, dapat memberikan kita semua hidayah dan syafaat Nabi Muhammad SAW.

Saya Ingin menanyakan Boleh tidak kita dalam melakukkan ibadah selalu mengarapkan pahala dari allah, teman saya bilang kalau melakukan sesuatu ibadah jangan dilihat dari pahalanya tapi karena ALLAH...
Saya jadi binggung ya Habib... Apa kita tidak boleh mencari Pahala Sebanyak-banyaknya... Habib sebelumnya mohon maaf kalau saya salah bicara..... Saya bersyukur sekali bisa mengenal Habib dan teman-teman Di majelis Rasulullah SAW....

Terima Kasih Habib...
Assalamualaikum wr,wb


Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Semoga antum dalam cahaya keridhoan Nya siang dan malam dan dalam Naungan Rahmat Nya yang selalu membias disanubari hamba Nya yg mukmin..

kita beramal adalah selalu mengharapkan pahala, atau mengharapkan keridhoan Allah swt semata, tetap saja kita diberi pahala oleh Allah.

memang Rasul saw mengklasifikasikan derajat hamba hamba Allah swt dengan 3 tingkatan.
1. derajat mukmin yg beribadah karena takut kepada neraka
2. derajat mukmin yg beribadah karena inginkan surga
3. derajat mukmin yg beribadah hanya karena menginginkan keridhoan Allah swt.

Rasul saw berdoa untuk dihindarkan dari neraka, dan meminta sorga, dan menginginkan Ridho Allah, Alqur;an pun menyebut ancaman dahsyat dan pedihnya siksa neraka,dan alqur'an menyebut pula indahnya sorga, alqur'an menyebut pula janji Allah untuk memberikan siksaan pedih di Neraka bagi hamba hamba Nya yg dhalim, dan setiap kali membaca ayat itu Rasul saw berhenti dan berdoa mohon dihindarkan dari siksa neraka.
demikian pula Allah menyebut di Alqur'an mengenai keindahan Sorga dan Jani Janji Nya untuk memberikan sorga kepada hamba hamba Nya yg mukmin, dan setiap membaca ayat ini Rasul saw berhenti dan memohon sorga.

singkatnya :
Tidak ada larangan beribadah karena menginginkan sorga, atau beribadah karena menginginkan sorga, namun memang derajat tertinggi adalah beribadah karena menginginkan Ridho Allah semata dan sekaligus meminta sorga dan meminta dihindarkan dari Neraka, demikianlah Rasul saw.

wallahu a'lam.