surat - surat al-qur'an yang dibaca setelah surat Al- Fatihah dalam sholat fardu.

Assalamu'alaikum wr.wb

semoga Habib Munzir selalu sehat wal afiat beserta keluarga Habib dan selalu membangkitkan semangat kami untuk selalu beridolakan Nabi Muhammad SAW.

Yaa Habib ane mau tanya tentang surat - surat al-qur'an yang dibaca setelah surat Al- Fatihah dalam sholat fardu. Selama ini ane selalu membaca surat al-qur'an pada dua raka'at pertama dengan membaca mundur. maksudnya pada raka'at pertama ane baca surat al-kafirun dan pada raka'at kedua misalnya surat al-ikhlas. Namun ane terkejut ketika ane bermam'mum kepada salah seorang teman kuliah ane dan ane juga pernah berma'mum pada seorang ustadz di masjid dan keduanya ini membaca surat al-qur'annya maju misalnya pada raka'at pertama mereka membaca surat an-anas dan pada raka'at kedua misalnya mereka membaca surat al-falaq. menurut Habib bagaimana? karena selama ini dari ane ngaji sejak kecil ustadz ane mengajarkan membacanya mundur dan ane juga mau tanya kenapa demikian ya Habib? 

wassalamu'alaikum wr. wb


Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keluhuran Nya semoga selalu menaungi anda dengan kebahagiaan,

mengenai pembacaan surat dalam surat tersebut memang disunnahkan mengikuti aturannya, sebagaimana Rasul saw melakukan demikian, mendahulukan Al Baqarah dari Ali Imran, mendahulukan Al A'la dari Al Ghasyiah, mendahulukan Al Ikhlas Alfalaq dari Annaas, demikian sebagian besar riwayat.

namun tak adapula larangan yg mengharamkan untuk membaliknya.

mengenai panjangnya ayat, itu teriwayatkan, bahwa pada urutannya Al A'la lebih dahulu dari Al Ghasyiah, namun Al A'la lebih pendek dari Al Ghasyiah, tetapi Rasul saw membaca Al A'la terlebih dahulu.

wallahu a'lam