mengenai keharusan mengikuti jumlah roka'at sholat tarawih.

Ass.

Semoga Habib dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin

Bib saya mau nanya mengenai keharusan mengikuti jumlah roka'at sholat tarawih. Pada sebagian pendapat ada yang mengatakan roka'atnya 11, 23, 36 dan ada juga yang 39. 
Suatu ketika saya datang sholat tarawih terlambat dan sudah tertinggal 4 roka'at dimana biasanya mushola tersebut melaksanakan 23 roka'at. Pada menjelang sholat witir,apa yang harus lakukan berhentikah? dan mencukupkan terlebih dahulu sholat tarawih yang tertinggal 4 rokaat tadi. Atau terus mengikuti imam sholat witir dan mencukupkan sesudahnya. Atau boleh hanya cukup dengan 16 roka'at tarawih saja.
Bukankan mengenai jumlah roka'at sholat tarawih dalam hal ini sama sekali terlepas dari sah dan tidaknya sholat.

Demikian, terima kasih.

Wass.


Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemegahan Lailatulqadar semoga selalu melimpahi anda dengan keberkahan.

mengenai shalat tarawih kita dalam mahdzhab imam syafii adalah 20 rakaat (23 dg witir), mengenai pendapat yg mengatakan 36, 39 dan 41 adalah khusus untuk masjid Nabawiy di madinah Almunawarah, mengenai yg 11 dan 13 mereka tidak mempunyai asal usul dari para Imam besar yg mengamalkannya, hanya pernah diberlakukan oleh Umar bin Khattab ra lalu kemudian beliau sendiri yg merubahnya menjadi 20 rakaat.

maka bila anda tertinggal 4 rakaat atau beberapa rakaat, maka boleh meng qadhanya selepas tarawih, sesudah witir pun tetap sah dan itu termasuk tarawih, namun kita kehilangan saja pahala berjamaahnya.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam